Posted by : Unknown Minggu, 24 Maret 2013

Tips dan Teknik Bermain Keyboard Tunggal
Berikut adalah tips dan teknik dalam bermain keyboard tunggal :
1)  Anda harus memahami simbol jari tangan kanan dan notasi pada keyboard untuk bisa memainkan melodi lagu dengan baik menggunakan tangan kanan.
2) Untuk bisa mengiringi lagu dengan baik, Anda harus memahami simbol jari tangan kiri dan agram chord
3) Untuk Anda yg baru belajar, sebaiknya mencoba memainkan lagu sederhana, yg iringan musiknya hanya memerlukan 2 atau 3 chord.
4) Sebaiknya Anda melatih diri secara bertahap. Mainkan  dulu melodi lagu dengan tangan kanan tanpa iringan. Lalu, Anda mainkan iringan chord dengan tangan kiri tanpa melodi. Jika sudah lancar, baru Anda mencoba memainkan melodi (tangan kanan) dan chord iringan (tangan kiri) sekaligus.
5) Sangat di anjurkan Anda memiliki koleksi lagu-lagu yang ditulis dengan notasi angka. Harga tersebut relatif murah. Sebelum bermain, lihatlah nada dasar yang tercantum. Selanjutnya, notasi angka tersebut Anda mainkan dengan notasi huruf seperti yang telah diterangkan pada bagian notasi keyboard.
6) Lagu-lagu di dalam buku yg ditulis utk alat musik lain, seperti gitar, bisa Anda mainkan dengan keyboard. Dengan dimikian, Anda juga bisa mainkan lagu yang hanya dirulis syairnya beserta chord iringannya.
7) Jangan menulis notasi angka dengan angka yang ada pada tuts keyboard, karena notasi tersebut hanya berlaku untuk tangga nada dasar do = C (hanya bisa bermain di C).
8) Untuk mengiringi orang bernyanyi, tangan kiri tetap memainkan chord, sedangkan tangan kanan mencipta melodi (improvisasi) yang sesuai  dengan chord dan tema lagu yang dinyanyikan. Kemampuan seperti ini memerlukan latihan sendiri.
sumber : http://mycapricorn.wordpress.com/2012/07/14/tips-dan-teknik-bermain-keyboard-tunggal/

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © bermain alat musik - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -